Tuesday, December 30, 2014

Teknologi Simulator Buat Calon Pilot



Teknologi Simulator - Pilot alias penerbang adalah suatu profesi yang jelas mengandung banyak resiko serta memiliki tanggung ja wab terhadap puluhan hingga ratusan nyawa dalam setiap penerbangan yang dia piloti. Untuk itu dia mesti mendapatkan pelatihan intensif serta memupuk kedisiplinan dalam hal-hal terkait dengan pekerjaannya itu. Sebab sedikit keliru saja bisa sangat berakibat fatal.

teknologi-simulator
Pesawat Airbus A310
 
Salah satu cara untuk melatih calon pilot dalam seni menerbangkan pesawat udara adalah dengan menggunakan alat canggih yang bernama simulator. Fungsi alat ini adalah untuk mensimulasikan kondisi di dalam kokpit pada saat pesawat dioperasikan. Latar belakang diluar pesawat yang tampak dari windshield (kaca depan) kokpit diganti dengan layar yang menampilkan seakan-akan kondisi real di luar sesuai posisi pesawat.

Dengan begitu pelatihan memakan biaya yang tidak terlalu besar dan tidak berisiko terutama bila dibandingkan jika mesti langsung latihan dengan pesawat sebenarnya. Instrumental yang ada di simulator juga identik dengan apa yang ada di dapur kemudi kapal terbang yang sesungguhnya. Alat ini akan bergerak (bergoyang) sesuai dengan bagaimana seorang calon penerbang memperlakukan pesawat tersebut sebagaimana berada di pesawat sungguhan.

Tentu saja teknologi kedirgantaraan yang satu ini menyumbangkan peranan besar dalam memajukan dan mengembangkan dunia penerbangan di dunia. Bayangkan kalau tidak ada alat ini, mungkin akan banyak korban tewas berjatuhan saat para siswa melakukan latihan terbang.


Tulisan lainnya :