Sunday, July 18, 2010

Sekilas Tentang Winglet

Sebenarnya tidak ada desain baku tentang winglet. Meskipun demikian penelitian-penelitian telah dilakukan oleh para ilmuwan (termasuk saya, he he) untuk mencari desain dan "seni" pemasangan yang paling efektif terhadap karakter aerodinamika sayap. Sebagian winglet dibentuk oleh sebuah airfoil, sebagian juga dibentuk dengan hanya plat tipis.

Yang paling penting dari prinsip kerja winglet adalah  dengan memasang komponen vertikal di wingtip agar downwash dan upwash tertahan oleh komponen vertikal tersebut. Hal ini karena ketika Downwash dan upwash di ujung sayap bertemu, maka ini akan menyebabkan pusaran yang mempunyai energi ke arah belakang yang mana menambah gaya hambat pesawat terbang. Dari referensi lain lain juga disebutkan bahwa winglet efektif pada sayap dengan aspek rasio tinggi, dan efektif pada sayap dengan taper ratio tinggi.

Saat ini saya tengah meneliti sebuah desain winglet yang pas untuk sayap Boeing 737-200,300,400. Cukup rumit memang. Banyak parameter yang harus diperhatikan. betul Jangan sampai ada yang terlewatkan.
Meskipun demikian, ada pula pihak-pihak yang "anti" atau tidak menganjurkan adanya winglet pada desain sayap. Di antara mereka adalag Chesna dan Dasault. Tapi bagaimanapun, efek positif dari winglet telah banyak dilihat dan dimanfaatkan, baik oleh Boeing, Airbus, Embraer dkk.



baca juga :
pesawat cn 295
pesawat n 219