Tuesday, October 11, 2011

Pesawat Terbang N-219, PTDI


(desain cockpit N-219)
Pesawat terbang perintis dengan 19 seat yang canggih segera mewarnai langit-langit biru, utamanya Indonesia sebagai negara tempat produksi pesawat tersebut. Model pesawat ini mulai dirintis sejak tahun 2006. saat ini dikabarkan bahwa uji aerodinamis telah selesai.Pesawat komuter yang diberi nama N-219 tersebut adalah pesawat rancangan PTDI yang diharapkan akan menjadi idola di kelasnya.

Pesawat N-219 ini sebagai jawaban atas dunia penerbangan Indonesia, khususnya pesawat-pesawat perintisnya, yang rata-rata berusia tua. Dengan hadirnya pesawat ini di dunia penerbangan, diharapkan mampu menjawab tantangan zaman khususnya di bidang transportasi daerah-daerah perbukitan/pgunungan seperti Sumatera, Kalimantan dan Papua. Tak kalah penting, pesawat canggih buatan PTDI ini sangat potensial juga untuk dipasarkan di Negara-negara Asia maupun Afrika.

Kabarnya pesawat yang dibanderol 4 juta USD per unit ini telah mendapat beberapa pesanan utamanya dari dalam negeri. Misalnya saja, Merpati Airline dalam suatu tulisan, telah memesan 20 unit pesawat jenis perintis ini. Selain itu, beberapa daerah juga telah menyatakan minatnya untuk membeli pesawat ini meskipun dengan cara angsuran. Bangkitlah dunia penerbangan kita !